May 11, 2022

Green Marketing: Pengertian dan Pentingnya Dalam Pemasaran Bisnis

Pemasaran dalam bisnis adalah hal penting yang tidak boleh disepelekan. Namun, apakah kamu tahu tentang green marketing dan pentingnya dalam bisnis? 

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Melakukan pemasaran produk atau jasa yang ditawarkan dalam sebuah bisnis tentu menjadi hal penting. Banyak sekali pelaku bisnis berlomba-lomba menciptakan pemasaran unik dan berkualitas agar dapat dikenal serta diterima dengan baik oleh masyarakat. Namun, apakah kamu sudah mengetahui tentang green marketing dan pentingnya dalam bisnis? 

Apa Itu Green Marketing?

green marketing
Gambar: freepik.com

Green marketing adalah sebuah strategi pemasaran produk yang aman bagi lingkungan. Maksudnya, strategi pemasaran satu ini akan dilakukan melalui berbagai aktivitas ramah lingkungan, yang dimana nantinya akan ada modifikasi produk, perubahan proses produksi, pengemasan, serta modifikasi iklannya. 

Istilah lainnya dari green marketing ini adalah ecological marketing dan environmental marketing. Lalu fungsinya adalah melakukan pemasaran tanpa harus membuat alam dan lingkungan rusak. 

Oleh karena itu, produk yang dipromosikan dan proses produksinya juga lebih ramah terhadap lingkungan. Sebenarnya sudah mulai banyak sekali pelaku usaha saat ini yang mulai melakukan green marketing pada bisnisnya. 

Contoh sederhana dari green marketing ini adalah produknya tidak mengandung bahan yang merusak lingkungan, dapat didaur ulang, terbuat dari bahan daur ulang, atau bahkan bisa digunakan berulang kali. Dengan adanya green marketing ini diharapkan produk-produk ramah lingkungan tersebut dapat membuat konsumen tetap aware atau menjaga lingkungan dengan baik.

Apa Pentingnya Green Marketing dalam Bisnis?

Demi mendukung keberlanjutan bumi di masa mendatang, biasanya perusahaan akan mulai menerapkan strategi green marketing untuk beberapa produk yang diluncurkan. Dengan mengaplikasikan metode ini, kamu selaku pelaku bisnis bisa ikut menjaga eksistensi alam dan memberikan pengaruh positif. 

Tak hanya itu saja, berikut ini beberapa hal lainnya yang membuat green marketing itu penting bagi bisnis: 

1. Lebih ekonomis dalam pemakaian energi

Pertama lebih ekonomis dalam pemakaian energi untuk produksi. Seperti yang kita tahu biasanya saat melakukan melakukan produksi, bisnis harus mengeluarkan banyak sekali pemakaian energi yang ternyata juga memberikan efek negatif terhadap lingkungan. Namun, dengan mengendalikan pemakaian energi, tentu saja biaya yang dikeluarkan bisa jadi lebih ekonomis.

2. Mampu meningkatkan kesadaran terhadap lingkungan

Kedua, membantu meningkatkan kesadaran terhadap lingkungan. Contohnya, memanfaatkan sumber daya yang ada, seperti listrik dan air dengan baik. Selain itu juga melakukan pengiriman melalui cara yang lebih hemat bahan bakar.

3. Produk yang dihasilkan lebih tahan lama

Keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan dengan melakukan green marketing adalah produk dengan bahan-bahan yang ramah lingkungan akan lebih tahan lama. Dan juga bisa didaur ulang atau dipakai lebih dari satu kali. 

Baca juga: 6 Tips Mulai Usaha Ramah Lingkungan

Apa Tujuan Green Marketing?

green marketing
Gambar: freepik.com

Menurut penjelasan dari John Grant, ada tiga tujuan green marketing yaitu: 

  • Greenest yang artinya dengan melakukan environmental dapat mengajak konsumen untuk memiliki mindset peduli terhadap lingkungan.
  • Greener artinya melakukan komersialisasi sekaligus menjaga keberadaan lingkungan hidup.
  • Green sendiri artinya memberikan informasi kepada audiens bahwa bisnis milikmu memiliki kepedulian yang tinggi terhadap lingkungan.

Itulah pengertian dari green marketing dan pentingnya bagi bisnis. Jadi, selain lebih ramah lingkungan, kamu juga bisa mengajak konsumen untuk memiliki mindset lebih peduli dengan bahan-bahan yang bisa didaur ulang atau digunakan berulang kali. 

Cara green marketing ini juga termasuk yang populer dilakukan oleh para pelaku bisnis saat ini. Sehingga lebih menarik perhatian konsumen di pasaran. Dalam pengelolaan bisnisnya pun kamu juga sudah mulai harus beradaptasi dengan sistem digital, di mana Aplikasi Youtap menjadi solusi paling tepat untuk  mengelola bisnis.

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama