Marketing mix umumnya membuat bisnis mendatangkan banyak keuntungan. Salah satu cara untuk mendapatkan keuntungan tersebut dengan melakukan pemasaran. Namun, dalam pelaksanaan proses pemasarannya tentu harus mengetahui cara paling efektif dan tepat. Salah satunya dengan memahami konsep marketing mix berikut.
Marketing mix merupakan sebuah konsep pemasaran yang digunakan untuk meraih tujuan bisnis. Pemasaran satu ini dapat dilakukan dengan menciptakan produk yang berkualitas, mengiklankan produk di berbagai channel, hingga memberikan promosi serta lokasi strategis.
Marketing mix sendiri memiliki empat variabel yaitu Product, Price, Place, dan Promotion. Namun dengan adanya perkembangannya zaman, variabel marketing mix berkembang menjadi 7P dan tiga tambahan variabelnya adalah People, Process dan Physical Evidence.
Product adalah barang atau jasa yang diproduksi oleh perusahan untuk ditawarkan atau dijual kepada pelanggan. Dalam menciptakan sebuah produk, tentu kamu harus memahami bahwa product tersebut dapat memenuhi permintaan pasar atau solusi kebutuhan pelanggan.
Oleh karena itulah, agar kamu lebih mudah mengetahui apakah product dapat memenuhi kebutuhan atau permintaan pasar, cobalah untuk melakukan market research yang jelas dengan mengajukan beberapa pertanyaan berikut:
Price merupakan sejumlah uang yang dikeluarkan oleh pelanggan untuk membeli produk-produk bisnis. Namun, perlu diketahui bahwa harga yang terlalu rendah dapat membahayakan sebuah bisnis, tetapi harga yang terlalu tinggi pun juga dapat mengurangi minat pelanggan. Oleh sebab itu, pastikan kamu menetapkan harga sesuai dengan target pasar, ya. Dalam menetapkan harga jual ini, kamu bisa menggunakan Break Even Price.
Place adalah lokasi yang digunakan untuk menjalankan sebuah bisnis agar dapat mencapai target pasar. Tentu saja dengan mengetahui lokasi strategis untuk berjualan, maka kamu dapat menargetkan bisnis pada tempat yang memang banyak dikunjungi target pasar.
Sehingga, produk yang dijual pun dapat diketahui dan dijangkau dengan mudah oleh pelanggan. Selain itu, ada juga unsur untuk elemen marketing mix yang satu ini mencakup kantor pusat, gudang, pabrik, kantor cabang, toko fisik hingga toko cabang.
Namun, melihat perkembangan zaman saat ini, lokasi yang ideal untuk berbisnis pun beragam seperti lokasi online berupa media sosial, marketplace, website, dan pilihan lainnya.
Promotion atau pemasaran juga salah satu bagian dari upaya untuk meningkatkan brand awareness serta penjualan sebuah produk. Kamu dapat melakukan promosi menggunakan berbagai macam media, mulai dari website, surat kabar, radio, digital ads, televisi, media online, video online, dan lain-lainnya.
People atau Sumber Daya Manusia (SDM) sebuah perusahaan juga menjadi bagian dari marketing mix yang perlu diperhatikan. Pasalnya, melalui pemilihan people inilah dapat dilihat apakah sebuah bisnis bisa berjalan dengan baik atau tidak. People yang dimaksud ini merupakan direktur hingga staff operasional.
Marketing mix selanjutnya merupakan process, dimulai dari bagaimana pelanggan mengetahui produk, apakah dari digital ads, mesin pencarian, media sosial, blog, atau media-media lainnya. Setelah itu, proses bagaimana pelanggan tertarik pada produk sehingga memunculkan keinginan untuk membeli.
Terakhir adalah physical Evidence atau bukti fisik, yang mengacu pada apa yang dilihat dan dirasakan oleh pelanggan. Contoh dari bukti fisik ini sendiri seperti fasilitas, kenyamanan, kemasan, dan lain-lainnya. Perlu diketahui bahwa dengan adanya physical evidence maka akan membuat pelanggan lebih yakin untuk membeli produk yang dijual.
Itulah pengertian serta beberapa elemen penting untuk bisa melakukan marketing mix dalam bisnis, agar bisa mendapatkan keuntungan lebih banyak. Kemudian, agar dapat menunjang kemajuan bisnis, pastikan juga kamu menggunakan sistem berbasis digital dalam pengelolaannya, ya.