May 30, 2022

Pengertian Seputar Consumer Goods dan Jenis-Jenis Produknya

Dalam bisnis kamu akan menemukan produk jadi yang mudah didapatkan di mana saja dan disebut sebagai consumer goods. Namun, apa saja produk-produknya?

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Dalam bisnis kamu akan menemukan produk atau barang jadi yang mudah untuk didapatkan di mana saja dan itu disebut sebagai consumer goods. Sebenarnya, ada banyak jenis dan bentuk consumer goods yang sering ditemukan di pasaran, namun masih banyak masyarakat yang belum memahami pengertiannya secara jelas. Oleh karena itu, berikut penjelasannya. 

Apa Itu Consumer Goods?

consumer goods
Gambar: freepik.com

Consumer goods adalah salah satu bentuk produk yang dikonsumsi oleh konsumen secara langsung tanpa digunakan terlebih dahulu agar bisa memproduksi barangnya kembali. Jadi, sederhananya consumer goods tersebut merupakan sebuah produk yang dikonsumsi oleh konsumen paling akhir. Umumnya, produk satu ini lebih dikenal oleh masyarakat dengan istilah barang konsumen.

Bisnis barang jadi consumer good juga dinilai menarik untuk dijalankan, karena mayoritas produknya diperlukan oleh sebagian besar masyarakat setiap hari. Tentu saja hal itu membuat kamu memiliki potensi cukup besar untuk menarik keuntungan dari setiap produk.

Jenis Produk Consumer Goods

consumer goods
Gambar: freepik.com

Umumnya jenis consumer goods ini terdiri dari beberapa produk berikut:

1. Barang lebih tahan lama

Pertama adalah barang-barang yang sifatnya tahan lama. Di mana barang digunakan konsumen secara berulang, namun dapat dibilang cukup durable. Dengan adanya produk yang mampu bertahan dalam jangka waktu lumayan panjang ini tentu meningkatkan potensi keuntungan cukup besar, karena kamu tidak perlu khawatir akan rusak. Beberapa bentuk dari barang seperti ini misalnya pakaian dan elektronik. 

2. Barang yang tidak bisa tahan lama

Selanjutnya ada juga jenis barang tidak tahan lama yang artinya memiliki masa berlaku atau kadaluarsa. Orang lebih banyak mengenalnya dengan istilah expired date.

Sehingga produk consumer goods seperti ini akan dikonsumsi dalam jangka waktu yang singkat secara berulang-ulang. Biasanya yang termasuk dalam jenis ini yaitu produk berupa makanan, kosmetik atau minuman. 

3. Jasa atau layanan

Terakhir yaitu jasa dan layanan yang bentuknya juga termasuk dalam salah satu jenis dari barang sudah jadi. Misalnya saja jasa potong rambut, atau jasa cuci mobil karena walaupun tidak dijual atau ditawarkan secara fisik, namun menjadi salah satu bentuk layanan konsumtif yang akan diperlukan konsumen secara berkala.

Itulah pengertian consumer goods dan beberapa jenis produknya. Kemudian, untuk melakukan pengelolaan bisnis yang lebih efektif dan efisien maka solusi paling tepatnya menggunakan Aplikasi Bisnis Youtap. Tak hanya membantu proses pembelian pelanggan jadi lebih mudah karena bisa diakses secara online, tetapi Youtap Indonesia sebagai Aplikasi Bisnis Gratis juga memiliki berbagai produk dan fitur terlengkap yang mampu bantu kamu mengelola bisnis secara digital.

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama