Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
January 17, 2024

Pengertian Brand Activation dan Manfaatnya untuk Kemajuan Bisnis

Bagi kamu yang baru saja memulai bisnis dan ingin produk-produknya banyak dikenal masyarakat di pasaran, maka pahami brand activation dan manfaatnya berikut.

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Brand activation merupakan sebuah kegiatan dalam bisnis yang tujuannya untuk mendorong tindakan pelanggan terhadap produk salah satunya melakukan pembelian. Teknik ini bertujuan untuk membangkitkan kesadaran merek, membangun hubungan dengan target audiens, dan mengembangkan loyalitas pelanggan. Brand activation ini sangat membantu bisnis mendapatkan lebih banyak pelanggan, karena terjadinya interaksi yang lebih personal. 

Apa Itu Brand Activation? 

brand activation
gambar: freepik.com/vectorjuice

Melansir penjelasan dari Econsultancy, brand activation adalah sebuah proses dalam pemasaran bisnis untuk membuat brand lebih banyak dikenal orang. Sederhananya, kegiatan ini dapat membantu meningkatkan brand awareness dan engagement melalui macam-macam jenis kegiatan brand.

Tidak hanya membantu pelanggan ingat dengan brand milikmu, tapi juga dapat memberikan kesan kuat yang di mana membuktikan seluruh pernyataan dalam pemasaran itu benar. Kegiatan dalam brand activation sendiri beragam, biasanya akan berubah-ubah menyesuaikan tren dan kebutuhan pelanggan. 

Oleh karena itulah, apabila ingin membuat brand activation yang sukses maka wajib untuk memahami minat dan kebutuhan pelanggan, ya. Jadi, lakukanlah riset pasar terlebih dahulu agar kegiatan brand yang dilakukan bisa sesuai dan diminati oleh target audiens. Brand activation sendiri memiliki dampak untuk jangka pendek dan panjang, di mana akan bantu meningkatkan penjualan juga loyalti pelanggan ke depannya. 

Manfaat Brand Activation 

Brand activation ini sangat penting bagi bisnis skala kecil maupun besar karena dapat membantu menciptakan hubungan baik antara perusahaan dan pelanggannya, hal ini juga dipaparkan dalam penjelasan Faster Capital. Telah dijelaskan juga sebelumnya, bahwa brand activation ini juga membantu meningkatkan kesadaran terhadap perusahaan dan produknya.

Salah satu cara untuk melakukan brand activation ini dengan promosi melalui media sosial karena langsung terhubung dengan beragam audiens dari cakupan wilayah yang cukup luas. Adanya promosi online melalui media sosial ini juga membuat pesan-pesan yang ingin disampaikan bisa dilihat oleh khalayak luas.

Strategi Brand Activity 

Ketika menjalankan brand activation tentu juga harus dengan strategi yang tepat dan matang. Apabila melakukan pendekatan dengan cara yang sudah umum, tentu saja banyak orang akan bosan dan kurang tertarik. Oleh karena itu, cobalah untuk membuat aktivitas baru yang sesuai dengan tren dan kebutuhan masyarakat saat ini dengan beberapa langkah berikut: 

1. Tentukan apa tujuan brand

Hal pertama dan terpenting saat membuat strategi brand activation adalah memutuskan apa yang ingin dituju. Ini bukan tentang bagaimana memposisikan brand, tapi juga pada apa yang dipikirkan banyak orang kedepannya. Jadi, sangat penting untuk memastikan pesan brand yang dipublikasikan jelas. 

2. Tentukan audiens 

Hal kedua adalah menentukan audiens bisnis. Apabila kamu hanya menebak kebutuhan audiens tanpa melakukan analisis dan mengelompokkannya, maka bisa berdampak buruk bagi bisnis. Menurut data survei yang dilansir dari SendPulse, sebanyak 72 persen pelanggan lebih memilih untuk terlibat dengan pesan marketing yang sesuai minat mereka. 

Itu sebabnya kamu sangat perlu untuk mengetahui demografi, minat dan sifat pembeli yang ideal. Dalam hal ini kamu harus menemukan klien yang paling menghargai produk atau layanan bisnis. Jadi, cobalah untuk mempertimbangkan membuat persona pembeli. 

3. Buatlah analisis SWOT

Sebelum merencanakan berbagai acara dan campaign, kamu harus memahami terlebih dahulu apa saja kelebihan serta kelemahan bisnis. Tidak hanya itu coba lihat apa saja peluang dan ancaman yang mungkin juga akan berdampak bagi bisnis. Dalam hal ini, sangat penting untuk membuat analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunities dan Threats). 

4. Pikirkan tentang manajemen

Langkah terakhir adalah menyatukan yang sebelumnya dan membentuk tim hebat untuk mewujudkan target bisnis. Tetapkan tanggung jawab kepada orang yang tepat agar seluruh pengelolaan bisnis seperti melakukan pemasaran atau kegiatan-kegiatan brand activation berjalan lancar. 

Bagaimana Cara Mengukur Kesuksesan Brand Activation?

brand activation
gambar: freepik.com/vectorjuice

Untuk mengetahui apakah brand activation yang kamu lakukan berjalan dengan benar selama campaign, maka ikuti beberapa cara berikut: 

  1. Akuisisi pelanggan (periksa apakah jumlah pelanggan, penjualan, dan pendapatan meningkat)
  2. Engagement di media sosial (cari tahu apakah memiliki lebih banyak pengikut, komentar, dan like di media sosial)
  3. Engagement selama acara (pastikan juga untuk mengukur engagement audiens selama acara campaign berlangsung) 
  4. Buat metrik untuk melacak kinerja campaign secara real time 

Setelah memahami pengertian brand activation, manfaat, strategi dan cara ukurnya di atas, kini saatnya kamu melanjutkan kegiatan-kegiatan yang berkaitan untuk mempromosikan bisnis. 

Selain melakukan brand activation, cobalah untuk mengoptimalkan juga penggunaan sistem berbasis digital seperti Youtap POS. Tidak hanya memberikan layanan digital, tapi aplikasi ini juga membantu kamu kelola bisnis jadi lebih praktis dan efektif, karena seluruh pencatatan hingga analisis bisa dilakukan secara otomatis dan real time

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Komentar Kamu

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Responses
--
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama