Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
June 25, 2024

Bisnis Jual dan Service HP: Keuntungan, Tantangan dan Tips Mulai 

Memiliki jangkauan pasar yang luas serta minat, berikut keuntungan, tantangan dan tips mulai bisnis jual dan service HP.

Isi Artikel

Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi, kebutuhan masyarakat akan perangkat komunikasi, terutama handphone (HP), semakin meningkat. Tidak hanya untuk berkomunikasi, HP kini menjadi alat multifungsi yang digunakan untuk bekerja, belajar, hingga hiburan. Oleh karena itu, bisnis jual dan service HP memiliki peluang yang besar dan menjanjikan. Namun, seperti bisnis lainnya, ada tantangan yang harus dihadapi serta strategi yang perlu diterapkan untuk mencapai kesuksesan.

Peluang dalam Bisnis Jual dan Service HP

bisnis jual dan service HP
gambar: freepik.com/tirachard

  1. Pasar yang Luas dan Beragam: Pengguna HP terus bertambah setiap tahunnya. Dari anak-anak hingga orang dewasa, hampir semua kalangan memerlukan HP untuk berbagai keperluan. Hal ini membuka peluang besar bagi bisnis jual HP baru maupun bekas.
  2. Permintaan Layanan Service yang Tinggi: HP seringkali mengalami masalah teknis seperti layar pecah, baterai cepat habis, atau kerusakan sistem. Dengan menyediakan layanan service yang handal, bisnis kamu bisa menarik banyak pelanggan yang membutuhkan perbaikan HP.
  3. Tren Teknologi yang Terus Berkembang: Setiap tahun, produsen HP mengeluarkan model terbaru dengan fitur canggih. Ini mendorong konsumen untuk terus memperbarui perangkat mereka, baik dengan membeli HP baru atau memperbaiki yang lama.

Tantangan dalam Bisnis Jual dan Service HP

  1. Persaingan Ketat: Banyaknya pelaku usaha di industri ini akan membuat persaingan bisnis menjadi sangat ketat, sehingga penting untuk membuat strategi pemasaran yang efektif dan layanan tambahan sesuai kebutuhan konsumen. 
  2. Teknologi yang Cepat Berubah: Teknologi HP berkembang dengan sangat cepat. Kamu perlu terus mengikuti perkembangan dan memastikan staf teknisi selalu terupdate dengan pengetahuan terbaru.
  3. Modal yang Cukup Besar: Memulai bisnis ini membutuhkan modal yang cukup besar, terutama untuk stok HP dan peralatan service. Manajemen keuangan yang baik tentu sangat berpengaruh pada kelangsungan bisnis.

Tips Sukses Memulai Bisnis Jual dan Service HP  

bisnis jual dan service HP
gambar: freepik.com

1. Wajib untuk Memahami Pasar Bisnis 

Seperti yang kita tahu bahwa volume penjualan bisnis HP memang selalu tinggi, namun keuntungannya usaha ini tetap memiliki peluang baik untuk para pelaku usaha yang baru saja masuk. Oleh karena itu, kamu bisa lakukan riset pasar pada toko-toko ponsel yang sukses atau masih merintis. Buatlah perbandingan antara keduanya dan lihat bagaimana mereka melakukan promosi. Bila ingin menarik lebih banyak pembeli, maka tidak ada salahnya memberikan layanan tambahan seperti service HP atau menawarkan aksesoris unik. 

2. Buat Perencanaan Bisnis dengan Matang 

Bila telah mendapatkan informasi lengkap setelah melakukan riset di atas, kemudian mulailah dengan membuat perencanaan bisnis yang matang. Perencanaan usaha jual dan service HP ini menjadi salah satu faktor penting karena membantu berjalannya seluruh aktivitas. Selain itu juga membantu bisnis mendapatkan lisensi resmi agar bisa menjadi reseller dari perusahaan operator dan dana investor. 

3. Pelajari Produk dengan Baik 

Selanjutnya kamu juga perlu untuk pelajari dan pahami seluruh produk yang dijual dengan baik. Walaupun bukan seorang ahli teknis, tapi jika ingin menjalankan bisnis HP, maka wajib untuk memiliki pengetahuan tentang seluruh merek dan informasi seputar produk secara lengkap. Ini menjadi faktor penting yang juga perlu dimiliki oleh seluruh pelaku bisnis ponsel karena umumnya masyarakat lebih suka membeli produk HP dari seseorang yang sudah ahli dan mampu menjelaskan semua fitur beserta kualitas produk. 

4. Tentukan Lokasi yang Strategis 

Kemudian, sama halnya dengan memulai bisnis lainnya yaitu pastikan memilih lokasi yang strategis. Dalam pemilihan lokasi ini cobalah cari tempat yang sekitar arus lalu lintas stabil dengan tidak banyak toko sejenis di dekatnya. Tetapi jika kamu kekurangan anggaran untuk membayar lokasi premium, temukan yang setidaknya memastikan lalu lintas yang baik. 

5. Pastikan untuk Mendaftarkan Bisnis Gerai HP 

Lalu, pastikan juga untuk mendaftarkan bisnis gerai HP sesuai dengan hukum yang berlaku, tujuannya agar bisa melindungi seluruh aset pribadi dan membuat pengajuan pajak tahunan lebih mudah. Perlu diketahui terlebih dahulu, bahwa di Indonesia sendiri ketika ingin memulai bisnis dianjurkan untuk memiliki Surat Izin Tempat Usaha (SITU), Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) dan jenis-jenis surat izin lain yang dibutuhkan.  

6. Cobalah untuk Mencari Supplier yang Terpercaya 

Dalam menjalankan bisnis HP, kamu juga perlu untuk mencari supplier terpercaya karena ini akan berpengaruh pada kualitas produk. Pasalnya, bila pasokan HP yang tersedia palsu, maka hal itu akan merugikan bisnis dan mengurangi kepercayaan konsumen. Di mana juga akan sangat berdampak pada penjualan bisnis. Pastikan juga bahwa produk yang kamu jual pasti memiliki garansi resmi. Tetapi bila ingin merasa lebih aman, kamu juga harus melakukan pengajuan secara resmi ke reseller dengan operator seluler yang telat dipilih. 

7. Lakukan Promosi Bisnis HP 

Terakhir jangan lupa untuk melakukan promosi bisnis. Namun pastikan menyusun strategi pemasaran yang tepat agar semakin banyak pelanggan tertarik untuk mengunjungi toko milikmu. Cobalah untuk membuat rencana promosi yang mencakup promosi iklan online dan offline dengan menawarkan diskon untuk produk-produk tertentu. 

Itulah penjelasan mengenai keuntungan, tantangan dan tips mulai bisnis jual dan service HP. Selain itu, untuk mendukung bisnis berjalan lancar pastikan untuk mulai menggunakan sistem digital Aplikasi Kasir Youtap POS

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Komentar Kamu

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Responses
--
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama