May 23, 2022

Pengertian Bahan Baku Usaha, Jenis-Jenis dan Faktor yang Mempengaruhi Persediaan

Demi menghasilkan kualitas produk yang baik, tentu harus memilih bahan baku sesuai kebutuhan. Dan berikut pengertian bahan baku usaha serta jenis-jenisnya.

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Memilih bahan baku yang tepat tentu akan sangat memengaruhi kualitas akhir suatu produk usaha. Agar lebih paham, berikut ini penjelasan rinci pengertian bahan baku usaha dan jenis-jenisnya. 

Apa Itu Bahan Baku Usaha dan Jenis-Jenisnya? 

bahan baku usaha
Gambar: freepik.com/pvproductions

Bahan baku merupakan berbagai bahan yang digunakan untuk membuat barang jadi atau produk usaha. Bahan baku ini sendiri memiliki dua jenis yaitu: 

1. Bahan baku langsung (Direct Material)

Jenis pertama adalah bahan baku langsung atau direct material, yaitu bahan pokok utama dari suatu barang jadi yang diproduksi oleh perusahaan. Kemudian, biaya yang dikeluarkan untuk membeli jenis bahan ini pun mempunyai hubungan erat dan sebanding dengan jumlah barang yang dihasilkan nantinya.

2. Bahan baku tidak langsung (Indirect Material)

Jenis kedua adalah bahan baku tidak langsung atau indirect material, yaitu bahan pokok pendamping dari bahan baku utama. Sederhananya, ini merupakan bahan yang ikut berperan dalam proses produksi, tetapi tidak secara langsung tampak pada barang jadi yang dihasilkan.

Apa Saja Faktor yang Memengaruhi Persediaan Bahan Baku?

bahan baku usaha
Gambar: freepik.com/fxquadro

1. Penggunaan bahan baku 

Penggunaan bahan baku adalah salah satu faktor yang memengaruhi persediaan. Sehingga, ada baiknya untuk membuat perkiraan berapa banyak jumlah bahan yang akan digunakan perusahaan untuk proses produksi di periode berikutnya. Jadi, ketika terjadi kehabisan stok sewaktu-waktu, kamu dapat terhindar dari terhambatnya operasi perusahaan.

2. Harga bahan baku

Selanjutnya adalah faktor harga bahan baku. Pasalnya ini merupakan dasar untuk menyiapkan perhitungan bisnis yang harus disediakan untuk investasi.

3. Biaya persediaan bahan baku

Biaya persediaan juga bisa jadi faktor yang memengaruhi persediaan bahan baku. Alasannya karena, biaya persediaan ini mencakup untuk membeli bahan mentah sampai risiko penyimpanan di gudang.

4. Kebijakan pembelian bahan baku

Kebijakan ini sangat berkaitan dengan ketersediaan bahan baku, serta bagaimana cara agar ketersediaannya tetap terjaga. 

5. Waktu tunggu bahan baku

Ini adalah masa tenggang yang tepat. Di mana nantinya perusahaan juga dapat membeli bahan pada waktu yang tepat untuk meminimalkan risiko akumulasi atau kurangnya persediaan.

Itulah pengertian seputar bahan baku usaha dan jenis-jenisnya. Selain itu, penyimpanan stok bahan baku juga harus kamu perhatikan Kini kamu juga bisa belanja bahan baku secara online, lho. Jadi, kegiatan belanja stok bahan baku pun lebih mudah, praktis dan nyaman mulai gunakan Aplikasi Youtap. Yuk, segera Belanja Stok melalui Aplikasi Youtap karena tersedia produk-produk berkualitas dengan harga kompetitif dari berbagai supplier terpercaya.

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama