Salah satu hal membangun bisnis berkembang adalah komunitas, karena ini membantu terjalinnya kebersamaan untuk menghasilkan sesuatu yang menguntungkan. Apabila kamu seorang pelaku bisnis maka pastikan untuk memaksimalkan strategi dan perencanaan dalam komunitas dengan baik ya. Lalu, apa itu komunitas sebenarnya?
Singkatnya, komunitas adalah sebuah perkumpulan orang yang memiliki banyak ide, tujuan sama hingga hobi tertentu. Sedangkan, bisnis adalah gambaran dari sebuah usaha yang bisa memberikan keuntungan. Jadi, komunitas bisnis merupakan kumpulan orang yang memiliki minat sama, bisa berdasarkan pada hal-hal lokal atau regional. Di mana para anggotanya akan sering mengadakan acara offline sebagai salah satu wadah untuk bertatap muka sekaligus bertukar pikiran agar dapat membuat bisnis masing-masing semakin berkembang.
Lebih jelasnya, simak penjelasan mengenai komunitas bisnis dan manfaat melakukannya berikut, yuk.
Pada dasarnya arti komunitas sendiri menurut Stanford Social Innovation Review adalah serangkaian hubungan di antara orang-orang yang memang dengan sengaja membentuk dan memelihara demi memenuhi kebutuhan bersama. Kemudian, melansir dari IGI Global komunitas bisnis merupakan orang yang bekerja pada suatu perusahaan yang mempunyai tujuan yang sama untuk berkontribusi terhadap berfungsinya perusahaan, dan mempunyai mekanisme komunikasi tertentu.
Seperti yang kita tahu, saat ini penggunaan internet semakin meningkat sehingga banyak sekali pelaku bisnis mulai mengurangi pertemuan secara offline. Biasanya mereka memanfaatkan komunitas online untuk saling diskusi atau bertukar pikiran. Berikut beberapa manfaat komunitas bisnis secara online:
Banyaknya orang yang ikut bergabung dalam sebuah komunitas bisnis, maka akan semakin luas juga jaringan atau hubungan bisnis. Berawal dari sinilah kamu akan memiliki kesempatan untuk mengenal pebisnis lain dari berbagai daerah dan latar belakang. Dengan begitu wawasan bisnis pun semakin berkembang dan bisa diaplikasikan langsung.
Salah satu fungsi dari komunitas juga membuat para anggota lebih mudah untuk saling bertukar informasi atau pikiran mengenai dunia wirausaha atau bisnis. Melalui komunitas ini, kamu bisa mendapatkan ilmu yang terkadang tidak ada dalam teori bisnis. Sedangkan bagi yang belum memiliki usaha, perbincangan dengan orang yang sukses bisnisnya akan semakin menumbuhkan keinginan atau semangat untuk segera memulainya.
Intensitas pertemuan baik offline maupun online antar anggota dalam komunitas, tentu saja akan membuat hubungan para anggota semakin akrab dari sisi emosional. Sehingga apabila dihadapkan pada suatu masalah, relasi bisnis bisa juga membantu dengan mendiskusikan bersama-sama atau memberikan solusi berdasarkan pengalamannya.
Salah satu kunci utama agar bisnis sukses adalah membangun hubungan yang baik dengan konsumen. Oleh karena itulah, bisnis wajib aktif melakukan interaksi dengan konsumen, agar mereka merasa nyaman dan ingin kembali beli produk-produk yang dijual.
Selain itu, bisnis juga perlu menjaga kualitas produk karena menurut data dari hasil survei Stackla, sebanyak 90 persen pelanggan menyatakan bahwa keaslian sangat penting saat akan memilih brand yang mereka sukai.
Bergabung dengan komunitas juga akan membuat perencanaan strategi marketing jadi lebih matang. Pasalnya, kamu akan lebih memahami seperti apa keinginan konsumen, tantangan yang dihadapi hingga, harapan-harapan lainnya.
Tentu saja beberapa informasi terkait hal-hal tersebut akan sangat membantu bisnis tetap beradaptasi dengan tren terkini, sehingga pemasaran produknya bisa disukai oleh konsumen di pasaran. Poin plus lain dengan bergabung dalam komunitas bisnis adalah membantu kamu memberikan ide untuk membuat konten-konten pemasaran yang menarik.
Terakhir adalah membantu biaya bisnis jadi lebih hemat. Data yang dilansir dari Marketing Insider Group, sebanyak 49 persen bisnis dengan komunitas online melaporkan adanya penghematan biaya sebesar 10 persen hingga 25 persen setiap tahunnya karena komunitas online tersebut dapat memberikan wadah bagi para konsumen untuk saling bertanya dan berbagi ide.
Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa terapkan dalam membangun bisnis berbasis komunitas:
Jadi, setelah mempelajari apa itu komunitas dan manfaatnya bagi kemajuan bisnis, maka coba untuk memaksimalkan seluruh strategi hingga perencanaan yang telah dibuat. Melalui komunitas ini tentu akan membantu kamu memperluas jangkauan bisnis, sehingga cakupan konsumen pun bisa semakin dari berbagai macam wilayah dan latar belakang.
Selain itu, kamu juga harus mulai mengelola bisnis dengan sistem otomatis seperti Aplikasi Kasir Digital Youtap POS. Tidak hanya membuat proses transaksi bisnis jadi lebih cepat dan praktis, tapi juga dapat membantu melakukan pencatatan hingga melakukan analisis penjualan yang sudah didukung dengan tampilan grafik, lho!