Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
March 9, 2022

Apa Itu Event Organizer dan Tips Memulainya?

Saat ini event organizer (EO) jadi salah satu bisnis yang menguntungkan. Namun, apa itu event organizer (EO) dan bagaimana tips untuk memulainya?

Isi Artikel

Saat ini memang event organizer (EO) memang menjadi salah satu bisnis yang menguntungkan. Pasalnya, mulai banyak masyarakat yang tertarik untuk mengadakan sebuah pesta dengan berbagai konsep unik. Sehingga mereka akan sangat membutuhkan bantuan EO. Namun, apa itu event organizer (EO) dan bagaimana tips memulainya?

Apa Itu Event Organizer?

apa itu event organizer
Gambar: freepik.com/rawpixel.com

Bisnis Event Organizer (EO) belakangan ini memang menjadi salah satu peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Pasalnya mulai banyak orang maupun organisasi tertentu memilih menggunakan layanan jasa EO untuk menggelar sebuah acara. 

Selain lebih mudah dan praktis, menggunakan EO akan membuat pemilik acara lebih bisa fokus pada persiapan lainnya sehingga tidak memakan banyak waktu dan tenaga. Apalagi untuk acara berskala besar dan membutuhkan sejumlah persiapan, penggunaan jasa layanan EO sangat membantu. 

Jadi, sederhananya EO adalah sebuah layanan jasa yang bergerak di bidang acara, untuk membantu mempersiapkannya baik untuk skala kecil maupun besar. 

Lalu, Apa Saja Tips untuk Memulai Bisnis Event Organizer?

apa itu event organizer
Gambar: freepik.com/rawpixel.com

1. Sudah memiliki pengalaman bekerja pada bisnis event organizer 

Pastikan bahwa pemilik bisnis EO ini sudah memiliki pengalaman sebelumnya. Alasannya karena, kegiatan EO banyak yang harus dilakukan mulai dari 0 seperti membantu pemilihan tata letak, konsep hingga susunan acara dan lain-lainnya. 

2. Bentuk tim yang solid

Dalam bisnis EO ini kamu tidak bekerja sendiri, melainkan bersama tim. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa akan ada banyak hal yang diurus, sehingga kamu harus membagi beberapa tim untuk bisa handle seluruh pekerjaan di acara tersebut. 

Agar bisa berjalan lancar, tentu harus memiliki tim yang solid dan kompak. Maka, kamu tidak boleh asal memilih rekan untuk menjalankan bisnis. Pilihlah orang yang memang memiliki keahlian sesuai bidangnya masing-masing. 

3. Memaksimalkan media sosial untuk promosi online

Selain melakukan promosi offline, kamu juga harus memaksimalkan penggunaan media sosial. Unggah beberapa acara yang telah sukses diadakan dengan menggunakan bisnis jasa layanan EO milikmu. 

Selain itu, kamu juga bisa memasang  iklan melalui facebook ads atau google ads. Agar bisa memperkenalkan bisnis milikmu kepada khalayak ramai melalui dunia maya dan membangun branding dengan cepat. 

4. Memiliki modal bisnis yang cukup

Modal yang cukup juga harus jadi pertimbangan awal sebelum kamu memulai bisnis EO karena nantinya semua pembiayaan pesta ditanggung penyedia jasa EO. Dan pelanggan akan membayarnya setelah acara selesai.

5. Wajib melakukan evaluasi 

Kamu juga harus selalu melakukan evaluasi setelah acara selesai. Tujuan dari evaluasi ini agar bisa melihat kendala apa yang ditemui dan memperbaiki pada kegiatan selanjutnya. Sehingga bisa memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan dan mencegah terjadinya masalah. 

6. Selalu berikan update informasi tentang EO

Terakhir, pastikan bahwa semua tim mengetahui dan memahami informasi terbaru agar tidak terjadi kesalahpahaman selama acara. Dan juga tim bisa menyesuaikan layanan dengan permintaan pelanggan. 

Yuk, Ikuti Tips di Atas untuk Mulai Bisnis EO yang Sukses!

Itulah beberapa tips memulai bisnis EO agar bisa berjalan lancar dan sukses. Selain modal yang cukup, kamu juga harus memperhatikan hal lain seperti kerjasama tim harus baik, perencanaan dan konsep matang, evaluasi, adanya pengalaman bahkan hingga memaksimalkan promosi online. 

Youtap Indonesia sebagai Aplikasi Usaha dengan berbagai produk dan fitur terlengkap mampu bantu kamu untuk mengelola usaha secara digital. Tak hanya untuk kelola usaha, tapi juga bisnis skala menengah bahkan hingga enterprise.

Salah satu fitur Youtap yaitu dapat membantu melakukan pencatatan laporan keuangan yang sudah dilengkapi dengan grafik. Hal itu tentu akan memudahkan kamu melihat keuntungan secara keseluruhan, sehingga dalam penentuan strategi bisnis bisa lebih jelas dan rinci. 

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Komentar Kamu

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Responses
--
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama