Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
February 22, 2022

9 Jenis Model Bisnis Digital Paling Populer

Pergeseran dunia bisnis ke digital saat ini tentu melahirkan banyak model bisnis baru. Agar bisa beradaptasi dengan baik, berikut jenis model bisnis digital paling populer.

Isi Artikel

Adanya pergeseran dunia bisnis ke digital saat ini tentu melahirkan banyaknya model bisnis baru yang semakin beragam dan adaptif. Kini dengan menjalankan bisnis digital kamu dapat dengan mudah melakukan pembayaran online dan aktivitas jual beli lainnya. Namun, apa saja jenis model bisnis digital paling populer saat ini?

Jenis Model Bisnis Digital Tahun 2022

Ketika kamu mampu menentukan model bisnis yang tepat ini akan sangat berpengaruh pada kesuksesan di masa mendatang. Model-model ini seringkali muncul dari adaptasi model bisnis lama ke era digital. 

1. Model Bisnis Free 

jenis model bisnis digital
Gambar: freepik.com/rawpixel.com

Semua orang pasti tahu model bisnis free ini juga dilakukan oleh dua perusahaan paling terkenal di dunia yaitu Google dan Facebook. Ide di balik model bisnis ini adalah menawarkan layanan secara gratis bagi pengguna yang kemudian bisa menjadi produk untuk dijual. Dalam kasus Google dan Facebook, setiap pengguna yang menggunakan layanan ini pasti akan memberikan informasi data pribadi. Sehingga dengan data tersebut, maka akan semakin mudah untuk menampilkan iklan yang dapat dibeli oleh perusahaan dan menargetkan user

2. Model Bisnis Freemium

Apalagi di dunia software, ini adalah salah satu model bisnis digital yang paling sering dilihat. Pengguna mendapatkan akses gratis ke versi basic dengan layanan produk yang sebagian besar dapat diakses secara gratis. Jika pengguna ingin menggunakan lebih banyak fitur atau sumber daya, maka mereka memiliki opsi untuk meningkatkan ke versi berbayar atau premium.

3. Model Bisnis On-Demand

Mirip dengan Access-Over-Ownership, model bisnis On-Demand ini bukan berbentuk produk fisik tetapi produk atau layanan virtual.

4. Model Bisnis e-Commerce

jenis model bisnis digital
Gambar: freepik.com

Salah satu perusahaan pertama dan telah berhasil menjual produk fisik melalui toko online dengan menggunakan dan model bisnis e-commerce yaitu Amazon.  

eCommerce ini merupakan model bisnis paling terkenal di web dan memungkinkan para konsumen untuk membeli hampir semua hal di internet.  

5. Model Bisnis Marketplace (Peer-to-peer, pasar dua sisi)

Pasar dua sisi adalah sesuatu yang cukup sering dilihat di internet. Pada model bisnis satu ini, penjual dan pembeli akan menggunakan platform pihak ketiga. Tujuan platform tersbeut untuk memperdagangkan barang dan jasa mereka.  

Masalah terbesar dengan model bisnis ini adalah kompleksitas dan dinamikanya. Jadi, platform dua sisi perlu digunakan secara hati-hati menskalakan permintaan dan pasokan pada saat yang sama agar kedua belah pihak tetap tertarik. 

6. Model Ekosistem

Ekosistem digital adalah salah satu model bisnis digital yang paling kompleks tetapi juga paling kuat saat ini. Dengan pengetahuan dan data yang dimiliki oleh sistem, kamu akan lebih mudah meningkatkan penjualan pada pelanggan 

Baca juga: Apa Saja Kerangka Dasar untuk Menentukan Model Bisnis?

7. Model Bisnis Access-Over-Ownership atau Sharing

Ini semua tentang model bisnis sharing di mana memungkinkan kamu membayar produk, layanan, atau penawaran untuk jangka waktu tertentu tanpa benar-benar memilikinya. Model bisnis seperti ini biasanya untuk menyewa mobil, menyewa apartemen atau bahkan mesin industri.

8. Model Bisnis Experience

Model bisnis satu ini dilakukan dengan menggabungkan pengalaman yang sudah ada dan menciptakan ekosistem baru yang berpusat pada pelanggan.

9. Model Bisnis Subscription 

jenis model bisnis digital
Gambar: freepik.com/rawpixel.com

Dengan model bisnis subscription ini user atau pengguna mendapatkan akses, pembaruan, layanan, dan lain-lainnya setiap bulan atau bahkan hingga tahunan. Model berlangganan tersebut nantinya biasa digunakan untuk kebutuhan konten, perangkat lunak, dan keanggotaan. 

Itulah beberapa jenis model bisnis yang paling populer dilakukan saat ini. Jika sudah menentukan model yang sesuai dengan kebutuhan bisnis milikmu dan juga  perencanaan yang matang, sebaiknya langsung Mulai Usaha apapun dengan Youtap yang memiliki berbagai solusi terlengkap dan terpercaya. 

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Komentar Kamu

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Responses
--
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama