Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
November 5, 2021

7 Manfaat Menggunakan Aplikasi UMKM

Bagi para pelaku UMKM yang ingin mengembangkan bisnisnya, maka pastikan untuk mulai menggunakan aplikasi UMKM karena memiliki beberapa manfaatnya berikut. 

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Seperti yang kita ketahui bersama, digitalisasi dengan menggunakan Aplikasi UMKM merupakan salah satu hal penting dalam berbisnis karena bisa bantu jangkauan pasar lebih luas. Di mana hal tersebut tentunya membantu meningkatkan keuntungan bisnis karena bertambahnya pelanggan baru dari berbagai tempat baik itu secara offline maupun online

Sehingga para pelaku usaha harus bisa beradaptasi dengan tren yang sedang berkembang di tengah masyarakat. Salah satu contohnya teknologi yang kini semakin canggih, membuat para pelaku Usaha, Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) harus terbiasa dengan jualan secara online atau digital. Berikut ini beberapa manfaat aplikasi UMKM. 

Manfaat Menggunakan Aplikasi UMKM dalam Perkembangan Bisnis

1. Waktu untuk Kelola UMKM Lebih Efisien

Aplikasi UMKM
Gambar: freepik.com

Sebelum adanya aplikasi UMKM, tentu kamu harus berjualan secara manual seperti melihat rak atau tempat penyimpanan barang secara langsung. Hal itu biasa dilakukan oleh pemilik usaha untuk dapat mengetahui berapa produk yang paling banyak terjual.

Selain itu, dahulu kamu pasti juga harus melakukan pencatatan hasil penjualan harian secara manual. Dan setiap toko tutup, kamu baru bisa untuk menjumlah nota rangkap yang dibuat untuk transaksi mulai dari buka hingga tutup toko.

Tentu saja kegiatan tersebut akan memakan waktu yang cukup lama dan terbilang kurang efisien. Padahal kegiatan yang dilakukan hanyalah menjumlah nota dan melakukan cross check dengan uang yang didapat.

Namun, hadirnya Aplikasi UMKM Youtap dapat memberikan berbagai manfaat untuk keberlangsungan sebuah usaha seperti mencatat laporan transaksi dalam satu hari secara langsung. Laporan ini akan terbuat secara otomatis dan dapat dilihat dengan cepat serta akurat. 

2. Lebih Mudah Kontrol Arus Kas 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa aplikasi UMKM ini dapat berfungsi untuk mencatat semua rincian penjualan dalam satu hari serta menunjukkan barang apa saja yang telah dibeli, dan masih dimiliki.

Tentu dengan adanya laporan penjualan yang rinci tersebut sangat memudahkan kamu sebagai pemilik usaha untuk mengontrol arus kas. Kamu pun tidak perlu khawatir terkait risiko kesalahan penghitungan dari transaksi penjualan yang begitu banyak dalam sehari.

Kamu juga dapat mengetahui total penjualan dalam seminggu maupun bulanan hanya dengan satu kali penghitungan tanpa harus menghabiskan banyak waktu dan biaya. Jadi, kamu sebagai pelaku usaha akan bisa mengetahui angka penjualan secara pasti dan uang kas usaha bisa dipergunakan dengan tepat dan terkendali.

3. Pelayanan yang Diberikan Kepada Pelanggan Bisa Lebih Cepat

aplikasi umkm
Gambar: freepik.com/tirachardz

Aplikasi UMKM Youtap ini juga dapat memberi pelayanan terbaik untuk pelanggan dengan menawarkan metode pembayaran cashless sehingga transaksi bisa lebih cepat dan efektif. Hadirnya sistem yang cepat dalam pengelolaan UMKM membuat pelanggan tidak harus terjebak dalam antrian panjang.

Jadi, hanya dengan menggunakan Aplikasi Youtap setiap bertransaksi dengan pelanggan kamu sudah bisa memiliki pencatatan transaksi, perhitungan total hingga menerima berbagai metode pembayaran dari pelanggan secara lebih cepat dan akurat. 

4. Mengurangi Risiko Terjadinya Kesalahan Perhitungan

Umumnya, melakukan transaksi dengan mesin kasir konvensional pasti akan lebih rentan dengan kesalahan. Namun, dengan adanya aplikasi UMKM Youtap ini dapat membantu kamu untuk dapat mengurangi kesalahan transaksi penjualan. 

5. Rendahnya Biaya Perawatan dan Perbaikan

Kamu yang memiliki mesin kasir konvensional biasanya memiliki biaya perawatan dan perbaikan khusus agar tetap bisa berfungsi dengan baik. Tetapi dengan penggunaan aplikasi ini kamu bisa memiliki biaya perawatan yang lebih rendah.

6. Mendapatkan Jangkauan Pasar Lebih Luas

aplikasi umkm
Gambar: freepik.com

Seperti yang kita tahu bahwa saat ini hampir semua bisnis telah dilakukan secara online. Tentu agar bisa mendapatkan pasar pembeli yang lebih luas. 

Ya, benar melalui sistem online, para pelaku UMKM bisa memperluas pasarnya tanpa batas. Bahkan konsumen dari seluruh Indonesia bahkan dunia bisa mengakses dan melakukan transaksi secara cepat dan mudah hanya dengan aplikasi. 

7. Mampu Memicu Daya Kreativitas

Terakhir, ketika kamu mampu mendigitalisasi UMKM tentu hal itu dapat memicu daya kreativitas. Pasalnya saat mulai masuk ke dunia digital tentu bagian deskripsi harus disampaikan secara informatif dan pengemasannya pun pastikan menarik bagi para konsumen. 

Oleh sebab itu, para pelaku UMKM yang sudah mendigitalisasi usahanya akan selalu terpacu untuk menghasilkan ide-ide segar dan unik yang berbeda dari biasanya.

Itulah beberapa manfaat menggunakan Aplikasi UMKM di era digital seperti sekarang. Jadi, mulailah untuk menggunakan Aplikasi UMKM Youtap, agar proses pengelolaan jauh lebih mudah dan efektif tanpa harus mencatatnya secara manual. 

Dengan menggunakan aplikasi ini kamu juga dapat melakukan pengelolaan keuangan usaha secara cepat dan akurat. Semua jenis transaksi baik itu pemasukan dan pengeluaran setiap harinya dapat dicatat secara digital hanya dengan satu kali klik. 

Dan salah satu cara sukses dorong UMKM untuk bisa beradaptasi di pasar digital dan bersaing dengan brand-brand besar adalah menggunakan Aplikasi Youtap. Tidak hanya membantu kelola usaha, tapi Youtap juga bisa digunakan untuk bisnis skala menengah hingga enterprise

Pasalnya, Aplikasi UMKM ini membantu pencatatan laporan penjualan yang sudah dilengkapi dengan grafik sehingga memudahkan kamu melihat keuntungan secara keseluruhannya dan ada juga beberapa fitur lainnya yang tentunya dapat bantu tentukan strategi usaha. 

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama