Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
January 28, 2022

7 Jenis Media Marketing untuk Maksimalkan Pemasaran Bisnis

Agar bisa melakukan pemasaran bisnis yang maksimal dan menjangkau konsumen lebih luas, kamu harus ketahui dulu beberapa jenis media marketing berikut ini. 

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Menggunakan media pemasaran yang cocok untuk sebuah produk atau layanan bisnis yang kamu tawarkan memang sangat penting. Oleh sebab itu, kamu harus ketahui dulu jenis-jenis media pemasaran dan keuntungannya. Lebih lengkapnya, simak yuk penjelasan jenis media marketing berikut ini. 

Jenis Media Marketing

Dengan menggunakan media marketing yang tepat, tentu kamu bisa melakukan pemasaran yang maksimal dan menjangkau konsumen lebih luas. Dan berikut ini jenis media marketing untuk mempromosikan sebuah brand atau bisnis. 

1. Jenis Radio Marketing

jenis media marketing
Gambar: freepik.com

Jenis media marketing yang pertama adalah radio marketing di mana kamu dapat memasarkan produk atau layanan melalui iklan di stasiun radio. 

Dengan saluran yang banyak dan beragam, pemasaran menggunakan radio bisa menjangkau audiens yang cukup luas. Hingga saat ini pun, strategi pemasaran melalui radio masih digunakan oleh banyak bisnis atau brand. Keuntungan lain dari radio marketing adalah biaya iklan yang relatif murah.

 2. Television Marketing (TV)

Selanjutnya adalah pemasaran produk atau layanan melalui iklan pada televisi atau TV. Biasanya iklan produk atau layanan ini akan ditampilkan saat jeda acara, film, atau segmen tertentu pada stasiun TV. 

Berbeda dengan radio marketing, melakukan pemasaran di TV membutuhkan biaya yang jauh lebih besar dan memang biasanya digunakan oleh bisnis atau brand profesional tertentu. Apabila kamu melakukan iklan pada TV, produk atau layanan dapat ditampilkan menggunakan elemen visual dan audio untuk menggambarkan brand atau perusahaan yang dipromosikan.

3. Print Marketing

jenis media marketing
Gambar: freepik.com/kaboompics

Jenis print marketing umumnya merujuk pada publikasi di majalah atau surat kabar. Slot iklan pada media cetak umumnya memiliki harga yang terjangkau. Keuntungan dari print marketing adalah majalah dan surat kabar umumnya memiliki fokus topik dan demografi tertentu, sehingga target audiens-nya juga menjadi spesifik.

4. Email Marketing

Jenis pemasaran yang satu ini mungkin sudah sering kita jumpai, apalagi di zaman teknologi yang semakin canggih. Email marketing biasanya berupa newsletter updates pada email yang  berisi informasi seputar produk hingga promosi untuk bisa membantu mendorong sales atau conversion.

5. Media Sosial Marketing

jenis media marketing
Gambar: freepik.com

Sama halnya dengan email marketing, penggunaan media sosial juga menjadi tempat promosi yang efektif saat ini. Melalui media sosial memungkinkan audiens untuk berinteraksi dengan iklan yang ada, misalnya memberikan komentar ataupun like pada setiap unggahan konten. 

Selain itu, ada berbagai macam platform media sosial yang saat ini tersedia, kamu bisa menjalankan campaign di seluruh platform tersebut untuk menjangkau konsumen yang sesuai dengan target.

6. Search Engine Marketing

SEM atau search engine marketing merupakan media marketing untuk mendatangkan traffic ke sebuah website perusahaan. Pemasaran dengan jenis ini, kamu bisa membeli slot iklan untuk menempatkan website-mu pada first page di laman pencarian.

7. Influencer Marketing

jenis media marketing
Gambar: freepik.com

Influencer atau yang juga seringkali dianggap sebagai key opinion leader (KOL) ini merupakan jenis media marketing yang terbilang cukup efektif untuk pemasaran sebuah produk. Di mana sang influencer membuat sebuah konten di berbagai media sosial dengan mempromosikan seputar brand dalam bentuk video atau foto.

Itulah beberapa jenis media marketing yang bisa menunjang kesuksesan brand atau bisnis milikmu agar lebih dikenal banyak orang. Selain itu kamu juga bisa menggunakan Aplikasi Youtap untuk membantu mengelola seluruh kegiatan bisnis karena sudah dilengkapi dengan berbagai fitur canggih. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, segera Mulai Usaha apapun dengan Youtap yang memiliki berbagai solusi terlengkap dan terpercaya.

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Komentar Kamu

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Responses
--
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama