Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
November 4, 2021

6 Penyebab Bisnis Online Tidak Berkembang Maksimal

Canggihnya dunia teknologi membuat persaingan bisnis online semakin ketat. Dan ini beberapa penyebab bisnis online tidak berkembang yang sebaiknya dihindari.

Isi Artikel

Semakin canggihnya teknologi sekarang ini membuat persaingan dunia bisnis online semakin ketat. Pasalnya, mereka yang kurang bisa beradaptasi dengan baik akan jauh tertinggal. Dan ini beberapa penyebab bisnis online tidak berkembang,

Penyebab Bisnis Online Tidak Berkembang

1. Kurang Memahami Cara Pemasaran Online yang Tepat

bisnis online tidak berkembang
Gambar: freepik.com/master1305

Penyebab bisnis online tidak berkembang yang pertama adalah kurangnya pemahaman terhadap pemasaran online dengan berbagai platform media sosial saat ini. Sebenarnya, strategi pemasaran online ini bisa kamu pelajari dengan mudah karena ada banyak sekali ilmu dan trik yang dibagikan secara gratis oleh pakarnya. Sebagai pelaku bisnis online tentu saja kamu harus menguasai pemasaran online dengan baik, paling tidak memahami trik tertentu yang dapat mendukung berkembangnya bisnis. 

Sebagai salah satu contoh adalah trik khusus dalam memilih keyword yang berhubungan dengan bisnis. Bagi kamu yang belum terlalu memahami, keywords ini adalah kata kunci yang digunakan pengguna untuk dapat menemukan situs produk maupun jasa di internet. 

2. Tidak Memiliki Banyak Mitra untuk Diajak Bekerja Sama

Selanjutnya, membangun networking atau mitra dalam dunia bisnis adalah hal yang sangat penting khususnya bisnis online.  Pelaku bisnis online penyedia produk atau jasa biasanya akan memiliki partner yang bertugas sebagai reseller. Nantinya, reseller inilah yang akan menjadi mitra untuk membantu mengembangkan bisnis online karena mereka juga memasarkan produk atau jasa. Dan sebagai reward untuk para reseller pemilik bisnis biasanya akan memberikan mereka bonus atau keuntungan dari selisih harga jual produk.

3. Tampilan Situs Jualan Kurang Menarik 

bisnis online tidak berkembang
Gambar: freepik.com

Banyak atau sedikit, tampilan situs website jualan sangatlah mempengaruhi terhadap perkembangan bisnis. Pastikan bahwa situs bisnis online milikmu itu menarik dan terpercaya, tujuannya agar pelanggan percaya untuk melakukan transaksi di tempatmu. Jadi, demi pembangunan situs website ini setidaknya kamu harus berani mengeluarkan modal. Tak hanya sekadar tampilan website yang user friendly, tetapi juga harus rapi dalam penyusunan katalog produk. Serta penting juga untuk memberikan deskripsi lengkap mengenai produk atau jasa yang kamu tawarkan sebagai referensi bagi para calon pembeli.

4. Salah dalam Menentukan Target Pasar 

Seperti yang kita tahu, sebelum membuka sebuah bisnis tentu kamu akan melihat target pasarnya terlebih dahulu. Namun apabila kamu mengejar keuntungan besar, coba untuk tidak memilih jenis atau niche bisnis yang sudah biasa. Alasannya tentu karena semakin umum target pasar bisnis yang kamu tuju, maka akan semakin banyak kompetitor. 

5. Pemasaran di Media Sosial Tidak Maksimal

bisnis online tidak berkembang
Gambar: freepik.com/pikisuperstar

Bisnis online ini pasti akan erat kaitannya dengan media sosial. Dan bagi kamu yang bisnis onlinenya kurang berkembang cobalah untuk melakukan review apakah pemasaran di media sosial sudah maksimal atau belum. Tak hanya sekadar pemasaran di website, kamu juga harus rajin melakukan promosi di media sosial dengan membuat konten-konten menarik. Media sosial selalu memiliki pengakses selama 24 jam, dan itulah peluang Anda memasarkan apa yang Anda miliki.

6. Kurang Tepat dalam Memilih Vendor

Bisnis online memang pasti membutuhkan kerjasama dengan pihak kedua seperti supplier, jasa ekspedisi, hingga aggregator sistem pembayaran. Oleh sebab itu, memilih vendor dengan kualitas yang baik bisa menentukan kemajuan bisnis online milikmu. Tak hanya sekadar memilih vendor dengan harga yang bersahabat, tapi juga perhatikan tentang kualitas dan kesamaan tujuan antara kamu dan pihak kedua ini dalam menjalin kerja sama. Beberapa pertimbangan penting sebelum memilih vendor adalah cara komunikasi, portfolio, dan review dari pengguna saat bekerja sama dengan mereka. 

Apabila sudah menemukan vendor yang tepat, lakukanlah proses uji coba terlebih dahulu, sebelum memutuskan untuk bekerja sama. Tentu saja dengan adanya komunikasi yang baik, kamu dapat menciptakan hubungan mitra sehat dan tentunya sama-sama menguntungkan. Terakhir, untuk mendukung segala aktivitas bisnis seperti pencatatan hingga stok barang kamu bisa menggunakan menggunakan Aplikasi Usaha Youtap sebagai solusi digital terbaik untuk semua bisnis dan perusahaan. 

Komentar Kamu

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Responses
--
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama