Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
January 5, 2022

5 Manfaat Penggunaan Hashtag di Media Sosial

Biasanya hashtag akan digunakan pada unggahan konten untuk melakukan pemasaran di Instagram. Dan ternyata ini manfaat penggunaan hashtag di media sosial.

Isi Artikel

Penggunaan berbagai media sosial khususnya Instagram memang terbilang efektif untuk memasarkan produk bisnis saat ini. Biasanya orang-orang akan menggunakan hashtag pada setiap unggahan konten untuk melakukan pemasaran di Instagram. Tak boleh disepelekan, ternyata ini manfaat penggunaan hashtag di media sosial. 

Manfaat Penggunaan Hashtag di Media Sosial

1. Mampu Meningkatkan Jumlah Follower

manfaat penggunaan hashtag
Gambar: freepik.com/mamewmy

Apakah kamu tahu bahwa konten-konten viral di Instagram berawal dari penggunaan hashtag? Dengan menggunakan hashtag di setiap unggahan Instagram, membuat banyak orang di seluruh dunia dapat dengan mudah menemukan dan melihat konten milikmu.  Semakin banyak orang dapat menemukan akun Instagram milikmu melalui hashtag, tentu jumlah follower atau pengikut pun semakin bertambah. Apalagi mereka memiliki konten yang menarik dan unik.

2. Memudahkan Mencari Lokasi Bisnis

Ketika kamu mengunduh aplikasi Instagram pertama kali, pasti akan muncul pertanyaan yang meminta izin untuk melihat lokasi terkini, bukan?  Nah, hal tersebut ternyata dapat memberikan keuntungan untuk para pelaku bisnis, terutama para reseller yang menyediakan suatu produk. Alasannya, karena kamu dapat mencari produk atau berita-berita terbaru melalui hashtag dan dapat disesuaikan dengan lokasi saat ini. 

3. Mengelompokan Konten Bisnis 

manfaat penggunaan hashtag
Gambar: freepik.com/rawpixel.com

Selanjutnya, penggunaan hashtag di Instagram dapat bermanfaat untuk mengelompokan suatu konten tertentu. Sebagai contoh, apabila bisnis yang kamu jalankan bergerak di bidang kuliner. Maka, apabila kamu ketika hashtag yang disertai dengan kata tambahan ciri khas dari bisnis milikmu seperti Kuliner Jakarta, selanjutnya akan langsung muncul semua konten terkait hal tersebut. 

Dengan begitu, konten bisnis milikmu akan lebih mudah ditemukan ketika mencarinya menggunakan hashtag. Hasil pencarian yang keluar melalui hashtag bisa berupa video maupun foto yang telah diungah dengan adanya info caption beserta hastag unik tersebut.

4. Sebagai Alat untuk Promosi Produk di Instagram

Para pelaku bisnis online, pasti akan sangat terbantu dengan adanya hashtag. Selain mampu ditampilkan pada caption atau deskripsi sebuah unggah foto, kamu juga dapat memasangnya di dalam  biografi akun Anda, serta Instagram Story. 

Penggunaan hashtag untuk promosi ini juga telah dilakukan oleh hampir seluruh influencer agar lebih mudah dicari dan ditemukan oleh para pengikut atau follower mereka di media sosial. Proses promosi produk dengan menggunakan hashtag pun bisa menjadi lebih luas dan semakin cepat menyebar ke masyarakat. 

5. Memperluas Jangkauan Target Pasar 

manfaat penggunaan hashtag
Gambar: freepik.com/tigristiara

Penggunaan hashtag dapat menjangkau pembeli lebih luas. Sebagai contoh, jika seseorang ingin mencari suatu produk di daerah tertentu dengan penggunaan hashtag, kamu bisa mendapatkan berbagai rekomendasi pilihan secara otomatis. Hasil pencarian akan menampilkan produk-produk yang kamu cari, sehingga kamu memiliki beberapa pilihan sesuai dengan keinginan.

Itulah beberapa manfaat penggunaan hashtag di media sosial, khususnya bagi kamu yang sedang melakukan promosi produk bisnis. Menggunakan hashtag adalah salah satu cara paling efektif di era digital seperti sekarang. Selain itu, kamu juga bisa segera Mulai Usaha apapun dengan Youtap yang memiliki berbagai solusi terlengkap dan terpercaya.

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Komentar Kamu

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Responses
--
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama