Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
March 2, 2022

5 Alasan Pentingnya UMKM Berjualan Online di Era Digital

Adanya kemajuan teknologi diharapkan dapat membantu kemajuan bagi para pelaku usaha di Indonesia dan berikut beberapa alasan pentingnya UMKM berjualan online. 

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Memasuki era digital, membuat kamu lebih mudah mengendalikan hampir seluruh kegiatan bisnis dari jarak jauh. Apalagi dengan hadirnya e-commerce tentu memungkinkan untuk berjualan bahkan melakukan pembayaran secara online. Tak hanya untuk bisnis berskala besar, e-commerce ini juga diharapkan dapat membantu kemajuan pada UMKM di Indonesia. 

Alasan Pentingnya UMKM Berjualan Online

umkm berjualan online

E-commerce adalah sebuah aktivitas penyebaran, penjualan, pembelian, pemasaran produk baik barang maupun jasa yang memanfaatkan jaringan internet. Walaupun konsumen dan penjual tidak bertemu langsung, transaksi tetap bisa berjalan lancar. Sederhananya, e-commerce ini menawarkan kemudahan bagi para pelaku usaha untuk berjualan secara online.

Diharapkan dengan adanya e-commerce ini juga bisa membantu perkembangan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) karena mereka dapat melakukan pemasaran di pasar global, sehingga berpeluang menembus ekspor. Dan berikut ini beberapa alasan UMKM harus berjualan online: 

1. Memperluas Jangkauan Pasar

Alasan pertama UMKM perlu berjualan online karena mampu menjangkau pasar yang lebih luas. Dunia online adalah tempat di mana kamu bisa mengakses hal apapun selama terhubung dengan internet. Begitu juga dengan berjualan online yang membuat kamu bisa memiliki pasar tidak terbatas pula. 

Melalui online, kamu kita tidak perlu lagi mempromosikan produk secara manual ke daerah-daerah, tetapi hanya cukup online maka pemasaran dapat dilakukan menyeluruh baik di dalam dan luar negeri. 

2. Menghemat Biaya Usaha

umkm berjualan online
Gambar: freepik.com

Alasan lain UMKM harus berjualan online karena bisa menghemat biaya pengeluaran usaha. Melalui jualan online, kamu dapat meminimalisir beberapa biaya seperti sewa toko, gaji karyawan, cetak brosur dan hal-hal lainnya. 

3. Tidak Perlu Toko Fisik

Ketika membuka jualan konvensional tentu akan membutuhkan toko fisik sehingga harus memiliki lebih banyak modal. Namun, ketika berjualan online para pelaku UMKM tidak lagi harus memiliki toko fisik. Sehingga proses pemasaran produk hingga pembayaran bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja melalui online. 

4. Berpotensi Mendapatkan Keuntungan Maksimal

umkm berjualan online
Gambar: freepik.com

Alasan terakhir UMKM harus berjualan online karena berpotensi besar mendapatkan pendapatan tidak terbatas. Sudah dijelaskan sebelumnya, dengan tidak terbatasnya dunia online maka pemasaran yang tidak terbatas juga dapat membuat pendapatan para pelaku UMKM semakin banyak. 

5. Membantu Pemasaran Produk Jadi Lebih Mudah

Berjualan online tentu menggunakan beberapa platform media sosial atau membuat situs website sendiri, hal tersebut ternyata memberikan peluang untuk memasarkan produk sehingga jadi lebih mudah. 

Pasalnya bagi kamu yang membangun situs website sendiri, faktor pengoptimalan Search Engine Optimization (SEO) akan sangat membantu dalam hal pemasaran. Dengan SEO yang optimal kamu memiliki peluang untuk mendapatkan peringkat teratas di mesin pencarian dan konsumen lebih mudah menemukan produk milikmu. 

Selain itu, jaringan media sosial akan memberi platform untuk terlibat dan membangun kepercayaan pelanggan melalui review dan penilaian. Melalui e-commerce juga UMKM milikmu dapat memberi pelanggan informasi atau update terbaru tentang produk dan penawaran menarik.

Youtap pun ikut serta membantu dan mendukung digitalisasi UMKM di mana para pelaku usaha bisa berjualan online bahkan mampu menerima pembayaran dari konsumen melalui QR Code. Selain itu, Youtap POS juga dapat membantu pencatatan penjualan sehingga laporan keuangan lebih akurat dan rinci.  

Segera, Mulai Usaha apapun dengan Aplikasi Youtap yang memiliki berbagai solusi pengelolaan usaha dengan fitur terlengkap dan terpercaya. Kamu juga bisa pilih fitur sesuai kebutuhan usaha dan pelajari lebih lanjut mengenai digitalisasi bersama Youtap. Gabung sekarang juga menjadi merchant Youtap agar pengelolaan usaha bisa lebih efektif dan efisien. 

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama