Fitur Analisa Penjualan Youtap dan Manfaatnya Bagi Kemajuan Usaha

Demi tercapainya tujuan dan target usaha yang sudah direncanakan sejak awal, Bos tentu harus melakukan analisa secara rinci, nih. Salah satunya, melakukan analisa penjualan.

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Ketika mulai menjalankan sebuah usaha, tentu kamu akan memiliki tujuan dan target untuk meningkatkan angka penjualan, bukan? Tujuannya sudah pasti agar mendapatkan banyak keuntungan. Salah satu cara mengukur kemajuan usaha tersebut dengan melakukan analisa penjualan atau sales analysis tersebut. 

Namun, perlu diingat bahwa bagus atau tidaknya kinerja dari strategi bisnis bukan hanya sekadar melihat seberapa besar revenue atau sales growth. Butuh ada analisis yang tepat agar pengukuran menjadi lebih efektif dan jelas. Sehingga kamu akan sangat membutuhkan peran analisa penjualan untuk membantu membuat keputusan pada usaha. Lalu, apa itu sebenarnya  analisa penjualan dan manfaatnya bagi kemajuan usaha?

Pengertian Analisis Penjualan 

Menurut penjelasan yang dilansir dari laman Engagebay, analisa penjualan atau sales analysis adalah sebuah laporan detail mengenai performa penjualan perusahaan, data konsumen, dan pendapatan. Melakukan analisa ini dapat membantu usahamu melakukan evaluasi performa penjualan berdasarkan tujuan. 

Pasalnya, melalui analisa penjualan kamu bisa melihat insight mengenai produk atau pelayanan mana saja yang menunjukkan kinerja paling baik atau justru sebaliknya. Tak hanya itu saja, tapi juga dapat dengan mudah menentukan tren, melakukan forecasting, evaluasi kendala penjualan, menemukan solusi, hingga membantu mengambil keputusan. 

Alasan Penting Melakukan Analisa Penjualan untuk Kemajuan Usaha

Telah disebutkan sebelumnya bahwa analisa penjualan ini sangat penting dilakukan karena dapat membantu melihat kemajuan atau kemunduran usaha. Apalagi di era sekarang ini, tren penjualan memang lebih sering berganti mengikuti kondisi dan kebutuhan pasar. Sehingga, Bos selaku pemilik juga harus terus update dengan penjualan usaha. 

Melalui laporan analisa penjualan ini, kamu bisa menemukan kondisi perusahaan yang memperlihatkan tren penjualan dalam periode tertentu, misalnya mingguan, bulanan, triwulan, atau bahkan tahunan. 

Bos, juga perlu menyusun laporan analisa penjualan dengan beragam jangka waktu tertentu sesuai dengan kebutuhan, ya. Tujuannya agar dapat mengetahui kondisi penjualan periode sebelumnya dan membandingkan dengan periode berjalan. Laporan analisa ini juga berguna untuk memberikan estimasi penjualan pada periode yang akan datang.

Mengapa Analisa Penjualan Bisa Meningkatkan Performa Usaha?

Satu hal yang harus benar-benar Bos ketahui bahwa dengan adanya analisa penjualan ternyata juga dapat meningkatkan performa usaha. Pasalnya, laporan ini menampilkan data-data yang berkenaan dengan performa penjualan, di mana nantinya Bos dapat dengan mudah menilai kemungkinan yang terjadi atas target penjualan. Jadi, sederhananya kamu akan tahu target penjualan tersebut sudah terpenuhi atau justru tidak sama sekali.

Kemudian, pada waktu yang sama, kamu juga bisa memanfaatkan peluang untuk melakukan beberapa langkah agar target penjualan bisa tercapai sesuai dengan batas waktu yang telah ditentukan. Data dari hasil analisa penjualan tersebut dapat dimanfaatkan untuk mengeksekusi program promosi penjualan yang lebih efektif.

Perlu diingat bahwa data yang tidak kalah penting dari laporan analisa penjualan adalah data terkait kelompok-kelompok konsumen. Melalui data kelompok konsumen tersebut, Bos bisa mendapatkan informasi mengenai efektivitas pemasaran, promosi, kelayakan produk baru, bahkan hingga mempertimbangkan strategi untuk target segmen konsumen baru.

Fitur Analisa Penjualan di Aplikasi Youtap POS

Oleh karena itulah, kini saatnya kamu mulai melakukan analisa penjualan agar performa usaha semakin meningkat. Dalam pelaksanaan analisanya sendiri, kamu bisa gunakan aplikasi Youtap POS, di mana nantinya terdapat fitur laporan analisa penjualan yang dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk mengetahui harga pasaran sebuah produk. 

Sehingga, kamu tidak perlu lagi membuat laporan secara manual, karena adanya pencatatan seluruh riwayat transaksi usaha secara otomatis melalui Youtap POS. Jadi, usaha yang sedang dijalankan bisa mendapatkan posisi lebih menguntungkan dalam persaingan dengan kompetitor. Tak hanya itu saja, performa usaha pun jadi lebih meningkat karena setiap permasalahan yang datang akan terdeteksi sejak awal.

Kesimpulan 

Itulah pengertian mengenai analisa penjualan dan manfaatnya bagi kemajuan usaha. Agar pembuatan laporan penjualan bisa dilakukan lebih praktis dan efektif, kamu bisa gunakan aplikasi Youtap POS

Tak hanya itu saja, ada juga beberapa fitur lainnya yang bisa kamu gunakan untuk bantu kelola usaha seperti POS Kasir, E-menu, QRIS dan semua Cashless, Cetak Struk Sekali Tap, Analisa Pintar, Riwayat Transaksi, Pembayaran Tunai, Penyesuaian Harga, Pajak serta Analisa Produk, Kalkulator Digital, dan Multi Perangkat Terkoneksi.  

Kini saatnya Mulai Usaha dengan menggunakan Aplikasi Youtap, BOS! Gabung jadi merchant Youtap hanya dengan download aplikasi di Google Play Store atau Apps Store. Jangan lupa, dapatkan juga berbagai macam tips, promo, informasi, hingga event di Blog Youtap.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

No items found.
Kembali ke Halaman Utama