Syarat dan Ketentuan

Pesanan dari HP atau " PHP" adalah fitur yang memungkinkan kamu untuk memberikan akses kepada pelanggan agar pelanggan dapat memesan atau membeli produk melalui browser secara mobile melalui telepon genggam maupun desktop melalui komputer. Dengan mengaktifkan PHP, kamu dapat memberikan akses tersebut kepada pelanggan. Tipe pesanan  yang saat ini tersedia adalah tipe Pick-up atau Drive Thru, sehingga pelanggan dapat melakukan pesanan dari manapun. Fitur PHP meliputi:

1. Pengaturan

Dengan mengaktifkan fitur PHP, kamu dapat mengatur produk apa saja yang ingin ditampilkan pada menu, mengatur jam operasional tokomu, mengatur penyesuaian harga produkmu, dan menambahkan informasi (Alamat, Kontak) tokomu.

Pengaturan Jam Operasional Merchant untuk Pesanan dari HP (PHP) di Tablet Usaha Youtap
Pengaturan Informasi Merchant di Tablet Usaha Youtap dan tampilan informasi Merchant di layanan PHP sisi Customer

2. Metode Pembayaran

Pesanan akan masuk ke dalam sistem tablet apabila pelanggan sudah melakukan pembayaran yang dilakukan melalui layanan PHP dengan metode pembayaran QRIS ataupun jenis pembayaran lainnya seperti Virtual Account yang akan segera hadir dalam layanan PHP.

Tampilan Pembayaran QRIS dalam layanan Pesanan dari HP (PHP) di sisi Customer

3. Proses Pemesanan

Pesanan yang masuk melalui layanan PHP, harus segera diproses agar pembayaran yang telah dilakukan oleh pelanggan dapat diteruskan melalui proses settlement. Jika pesanan tidak dapat dipenuhi harap segera menghubungi pelanggan dan melakukan proses pengembalian dana secara manual dengan menggunakan metode yang sudah disepakati dengan pelanggan melalui telepon.

Laman Pesanan PHP di Tablet Usaha Youtap terdiri atas tiga (3) tab yaitu: tab Pesanan Baru, tab Pesanan Berjalan, dan tab Riwayat Pesanan.

Kamu dapat melihat detail pesanan dengan cara menekan tiket, dan detail pesanan yang telah dibuat oleh pelanggan akan muncul. Kamu dapat memilih langkah selanjutnya, yaitu; memproses pesanan tersebut, atau menghubungi pemesan.

Sebelum memproses pesanan, kamu dapat menghubungi pelanggan untuk melakukan konfirmasi atas pesanan tersebut. Setelah berhasil dikonformasi, pesanan dapat diproses atau dibatalkan. Pesanan yang diproses dapat dicetak untuk diberikan ke dapur dan ticket pesanan akan pindah ke tab “Pesanan Berjalan”.

Setelah menekan tombol "Selesai", kamu akan diminta untuk memasukan kode pengambilan pesanan yang dimiliki pelanggan. Saat pesanan telah sukses diselesaikan, maka pesanan akan hilang dari daftar pesanan di tab "Pesanan Berjalan".

4. Membatalan Pesanan

Pesanan yang telah masuk tidak dapat dibatalkan melalui sistem Tablet Usaha Youtap dan tetap harus diproses (dengan menekan tombol "Proses Pesanan") dan diselesaikan (memasukan kode pengambilan dana dari Pelanggan). Apabila terjadi sebuah kondisi dimana pesanan tidak dapat dipenuhi baik secara keseluruhan atau sebagian, maka kamu perlu menghubungi Pelanggan secara langsung untuk melakukan konfirmasi dan melakukan pengembalian dana secara manual di luar sistem Youtap.

Tata Cara Pembatalan dan Pengembalian Dana:

  1. Menghubungi Pelanggan sesuai dengan informasi yang tampil pada laman detail pesanan.
  2. Melakukan konfirmasi atas pembatalan dan menyepakati metode pengembalian dana dengan Pelanggan.
  3. Meminta kode pengambilan pesanan dari Pelanggan.
  4. Lakukan pengembalian dana ke Pelanggan, sesuai dengan metode yang sudah disepakati melalui telepon.
  5. Menekan tombol "Proses Pesanan", lalu membuka tiket pesanan di tab "Pesanan Berjalan" dan menekan tombol "Selesai".
  6. Memasukan kode pengambilan pesanan yang diberikan Pelanggan ke Tablet Usaha Youtap, lalu menekan tombol "Selesai".

5. Informasi Layanan

Dalam hal terdapat pertanyaan dan/atau keluhan/pengaduan sehubungan dengan penggunaan Layanan, maka MITRA dapat mengajukan pertanyaan dan/atau keluhan secara tertulis melalui titik pelayanan YOUTAP INDONESIA.

Pembaharuan terakhir: 2/September/2021