Syarat dan Ketentuan PHP Mitra

Pesanan dari HP atau PHP adalah Fitur yang berfungsi memberikan akses kepada pelanggan agar pelanggan dapat memesan atau membeli produk Mitra melalui browser secara mobile maupun desktop. Dengan mengaktifkan Pesanan PHP, Mitra dapat memberikan akses tersebut kepada pelanggan. Tipe pesanan yang saat ini tersedia adalah tipe Pick-up , sehingga pelanggan dapat melakukan pesanan dari manapun dan kapanpun serta melakukan pengambilan produk secara mandiri di toko fisikmu. Fitur PHP meliputi:

1. Pengaturan

Dengan mengaktifkan fitur Pesanan PHP, Mitra dapat mengatur produk apa saja yang akan ditampilkan pada e-menu, mengatur jam operasional toko, mengatur penyesuaian harga produk, dan menambahkan informasi (Alamat, Kontak) toko.

s
Pengaturan Jam Operasional Merchant untuk Pesanan dari HP (PHP) di Tablet Usaha Youtap
Pengaturan Informasi Merchant di Tablet Usaha Youtap dan tampilan informasi Merchant di layanan PHP sisi Customer
g
hello

Dalam hal Mitra mengaktifkan fitur pengiriman pesanan dengan layanan pihakketiga, maka biaya transaksi pesanan yang dibayarkan oleh Pelanggan akan diteruskan oleh Youtap Indonesia kepada Mitra setelah dikurangi biaya MDR dan biaya pengiriman.

Pengiriman pesanan dengan layanan pihak ketiga dilakukan oleh Mitra yang bekerjasama dengan Youtap Indonesia dan Mitra harus menentukan lokasi toko pada aplikasi tablet usaha.

opsi

Layanan Kurir Toko dapat digunakan oleh pelanggan yang berada pada lingkup area cakupan dan jam operasional kurir toko yang ditetapkan.

t

2. Metode Pembayaran

Pesanan akan masuk ke dalam sistem tablet apabila pelanggan sudah melakukan pembayaran melalui fitur PHP dengan metode pembayaran QRIS.

Tampilan Pembayaran QRIS dalam layanan Pesanan dari HP (PHP) di sisi Customer

3. Proses Pemesanan

r

Dengan melihat pesanan, Mitra dapat melihat detail pesanan yang telah dibuat oleh pelanggan dan dapat dilanjutkan untuk memproses pesanan.

Pada saat terdapat pesanan dari pelanggan, Mitra diberi opsi untuk memproses pesanan atau membatalkan pesanan.

php
Bagian dari tapılan saat Pesanan dari HP (PHP) diterima Merchant melalui Tablet Usaha Youtap

Sebelum memproses pesanan, Mitra dapat menghubungi pelanggan dengan melakukan konfirmasi pesanan tersebut. Apabila pelanggan berhasil dikonfirmasi maka pesanan dapat diproses. Pesanan yang diproses akan dilanjutkan ke halaman tab“Pesanan Berjalan” berupa tiket yang serupa dengan tiket pertama kali pesanan masuk. Apabila pesanan telah selesai/jadi, Mitra akan melanjutkan pesanan dan menunggu verifikasi dari pelanggan berupa kode pengambilan dengan metode pembayaran yang dipilih pelanggan.    

e

verified
history

4. Membatalan Pesanan

Mitra tidak dapat membatalkan pesanan yang telah diproses. Apabila terjadi sebuah kondisi dimana pesanan dibatalkan Mitra, maka ketentuan yang berlaku adalah:

a)    Membatalkan pesanan TIDAK dapat mengembalikan dana yang telah dibayarkan Pelanggan secara otomatis. Mitra harus mengembalikan dana secara manual (di luar sistem) biaya yang telah dibayar oleh pelanggan.

b)   Pembatalan pesanan HANYA menghapus transaksi dari daftar transaksi.

cancel order

5. Pick-up Pesanan Oleh Pelanggan

a)    Pelangganakan mendatangani toko Mitra untuk mengambil pesanan.

b)    Pelangganakan menunjukkan kode pick up pesanan yang telah diterima pelanggan melalui notifikasi email atau dapat diakses melalui menu PHP.

c)     Mitra melakukan verifikasi kode pesanan pada tablet usaha.

d)    Jika pesanan telah terverifikasi sesuai, maka pesanan dapat diberikan kepada pelanggan.

6. Refund Dana

Permohonan refund dana oleh pelanggan dapat terjadi oleh karena beberapa kondisi sebagai berikut:

a)    Pelanggan melakukan pemesanan atau pembelian produk Mitra, namun ternyata Mitra sedang tidak beroperasi pada saat pesanan atau pembelian dilakukan. Kondisi ini dapat terjadi ketika Mitra tidak mengubah status toko pada menu PHP.

b)    Pelanggan hanya dapat melakukan permohonan refund dana pada saat transaksi sudah sukses dibayarkan.

c)    Pelanggan hanya dapat melakukan permohonan refund dana dalam waktu 1x24 jam setelah pesanan sukses dibayarkan. Di luar rentang waktu tersebut, permohonan refund dana akan ditolak oleh Youtap Indonesia.

d)    Pelanggan dapat melakukan permohonan refund dana dengan menelepon call center Youtap Indonesia. Tim Youtap Indonesia akan memintakan data pelanggan berupa rekening untuk keperluan refund dana, nama, nomor hp, email pelanggan serta informasi toko terkait.

e)    Setelah permohonan refund dana disampaikan oleh pelanggan kepada Youtap Indonesia dalam kurun waktu 1x24 jam setelah pesanan sukses dibayarkan, Youtap Indonesia akan melakukan konfirmasi kepada Mitra terkait dengan validitas transaksi yang dimintakan refund dana oleh pelanggan. Mitra wajib memberikan konfirmasi selambat-lambatnya 3x24 jam.

f)    Jika Mitra mengkonfirmasi bahwa transaksi tersebut valid, Youtap Indonesia melalui call center akan menginformasikan kepada pelanggan bahwa permohonan refund disetujui.

g)    Refund dana akan dilakukan oleh Mitra dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab  Mitra.

h)    Mitra wajib melakukan refund dana kepada pelanggan selambat-lambatnya 1x24 jam setelah transaksi dinyatakan valid.

i)    Mitra dengan ini menyetujui bahwa dengan dilakukannya refund dana kepada pelanggan,Youtap Indonesia tidak dapat mengembalikan potongan dana MDR yang menjadi hak Youtap Indonesia.

KEBIJAKAN BARANG TERLARANG DAN DIBATASI


Youtap Indonesia mengatur tentang penjualan barang yang dilarang dan/atau dibatasi untuk diperdagangkan oleh Mitra pada platform Youtap Indonesia, termasuk dalam layanan PHP. Mitra dianggap telah memahami dan menyetujui bahwa Mitra bertanggung jawab penuh untuk memastikan bahwa barang yang diperjualbelikan melalui layanan PHP telah mematuhi semua undang-undang dan perizinan terkait yang berlaku.

Berikut adalah daftar jenis barang yang dibatasi untuk diperdagangkan oleh Mitra melalui layanan PHP, kecuali Mitra telah mematuhi semua undang-undang dan perizinan terkait yang berlaku:

a.    Segala jeni sobat-obatan maupun zat-zat lain, termasuk kosmetik, yang memerlukan resep dokter, obat bius dan sejenisnya, yang telah memiliki izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM);

b.    Kondom serta produk turunannya;

c.    Rokok, cerutu, tembakau, serta produk turunannya;

d.    Shisha, termasuk aksesoris, beserta cairannya;

e.    Minuman keras atau beralkohol;

f.     Makanan yang berbahaya – mengandung zat terlarang atau zat yang melebihi proporsi yang diizinkan;

g.    Produk susu non-pasterurisasi;

h.   Jamur liar;

i.     Pestisida;

 

PEMBATASAN TANGGUNG JAWAB

Mitra mengerti bahwa setiap produk yang ditawarkan oleh Mitra dalam layanan PHP adalah produk yang dibuat, dimiliki serta diawasi kualitasnya oleh Mitra sendiri. Youtap Indonesia dalam hal ini hanya berperan sebagai pihak penyedia platform bagi pelanggan dan Mitra dalam melakukan transaksi.

Mitra dengan ini dianggap menyetujui bahwa dalam rangka menyediakan pelayanan yang baikkepada pelanggan, khususnya melalui layanan PHP, Mitra wajib:

1.     Menjaga kualitas produk yang ditawarkan sesuai dengan standar mutu yang baik.

2.     Selalu melakukan pengkinian terkait jadwal operasional toko Mitra di layanan PHP, meliputi jam operasional toko maupun status toko sedang buka atau tidak, demi menghindari hal yang tidak diinginkan.

3.     Melakukan refund dana kepada pelanggan sesuai dengan rentang waktu yang ditentukan oleh Youtap Indonesia, yakni 1x24 jam setelah transaksi dinyatakan valid.

4.     Tidak menyalahgunakan data pelanggan untuk keperluan lain selain transaksi layanan PHP.

Mitra melepaskan Youtap Indonesia dari segala bentuk tanggung jawab terhadap tuntutan pelanggan ataupun pihak ketiga lain dalam hal terjadi kerugian yang disebabkan oleh Mitra sehubungan dengan Mitra yang lalai dalam menjalankan kewajibannya berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini.

Mitra mengerti bahwa dalam rangka mendukung layanan PHP ini, Youtap Indonesia bekerjasama dengan pihak ketiga lain yang termasuk namun tidak terbatas pada pihak penyedia jasa pengiriman dan pihak penyediajasa sistem pembayaran. Mitra dengan ini melepaskan Youtap Indonesia dari segala bentuk tanggung jawab dalam hal terjadi masalah ataupun kerugian yang disebabkan oleh layanan yang disediakan pihak ketiga lain tersebut.

Mitra dengan ini dianggap menyetujui bahwa Youtap Indonesia dapat menon-aktifkan akun Mitra secara sepihak dalam hal menurut Youtap Indonesia:

-       Mitra telah melakukan hal yang tidak sesuai dengan apa yang telah diatur di dalam Syarat dan Ketentuan PHP Mitra ini.

-      Mitra dianggap telah merugikan pelanggan dan merusak nama baik Youtap Indonesia dengan melakukan hal-hal yang termasuk namun tidak terbatas pada penipuan kepada pelanggan, atau melakukan transaksi palsu.

-      Dalam hal Youtap Indonesia menon-aktifkan akun Mitra oleh sebab di atas, Youtap Indonesia tidak berkewajiban untuk mengembalikan biaya berlangganan yang telah dibayarkan Mitra kepadaYoutap Indonesia.

 

INFORMASI LAYANAN

Dalam hal terdapat pertanyaan dan/atau keluhan/pengaduan sehubungan dengan penggunaan layanan, maka Mitra dapat mengajukan pertanyaan dan/atau keluhan secara tertulis melalui titik pelayanan Youtap Indonesia

•          Situs : www.youtap.id

•          Facebook Fan page: Youtap Indonesia

•          Instagram: @youtap.id

•          Twitter: @Youtapid

•          LayananPelanggan:

•          1500 523

•          0811-1500-523

•          halo@youtap.id

Pembaharuan terakhir: 22 Juni 2022