Syarat dan Ketentuan

Pesanan dari HP atau "PHP adalah fitur yang berfungsi memberikan akses kepada pelanggan agar pelanggan dapat memesan atau membeli produk melalui browser secara mobile maupun desktop. Dengan mengaktifkan Pesanan PHP, Mitra dapat memberikan akses tersebut kepada pelanggan. Tipe pesanan  yang saat ini tersedia adalah tipe Pick-up, sehingga pelanggan dapat melakukan pesanan dari manapun dan kapanpun sorta melakukan pengambilan produk secara Mandiri di toko fisikmu. Fitur PHP meliputi:

1. Pengaturan

Dengan mengaktifkan fitur Pesanan PHP, Mitra dapat mengatur produk apa saja yang akan ditampilkan pada e-menu, mengatur jam operasional tokomu, menambahkan informasi (Alamat, Kontak) toko, dan mengatur penyesuaian harga produk.

Pengaturan Jam Operasional Merchant untuk Pesanan dari HP (PHP) di Tablet Usaha Youtap
Pengaturan Informasi Merchant di Tablet Usaha Youtap dan tampilan informasi Merchant di layanan PHP sisi Customer

2. Metode Pembayaran

Pesanan akan masuk ke dalam sistem tablet apabila pelanggan sudah melakukan pembayaran melalui fitur PHP dengan metode pembayaran QRIS.

Tampilan Pembayaran QRIS dalam layanan Pesanan dari HP (PHP) di sisi Customer

3. Proses Pemesanan

Pesanan yang masuk melalui layanan PHP, harus segera diproses. Jika pesanan tidak dapat dipenuhi harap segera menghubungi pelanggan dan melakukan proses pengembalian dana secara manual dengan menggunakan metode yang sudah disepakati dengan pelanggan melalui telepon.

Pada menu fitur PHP sendiri terdiri tiga (4) tab, yaitu; Pesanan Baru, Pesanan Berjalan, dan Riwayat Pesanan.

Mitra dapat melihat detail pesanan dengan cara menekan tiket, dan detail pesanan yang telah dibuat oleh pelanggan akan muncul. Mitra dapat memilih langkah selanjutnya, yaitu; memproses pesanan tersebut, atau menghubungi pemesan.

Sebelum memproses pesanan, Mitra dapat menghubungi pelanggan untuk melakukan konfirmasi pesanan. Setelah berhasil dikonformasi, pesanan dapat diproses atau dibatalkan. Pesanan yang diproses dapat dicetak untuk diberikan ke dapur dan tiket pesanan akan pindah ke tab “Pesanan Berjalan”.

Setelah menekan tombol "Selesai", Mitra akan diminta untuk memasukan kode pengambilan pesanan yang dimiliki pelanggan. Saat pesanan telah sukses diselesaikan, maka pesanan akan hilang dari daftar pesanan di tab "Pesanan Berjalan".

4. Membatalan Pesanan

Pesanan yang telah masuk tidak dapat dibatalkan melalui sistem, melainkan secara manual. Apabila terjadi sebuah kondisi dimana transas tersebut harus dibatalkan, maka svarat pembatalan tersebut adalah:

  1. Membatalkan pesanan tidak dapat mengembalikan dana yang telah dibayarkan Pelanggan secara otomatis.
  2. Pembatalan pesanan HANYA menghapus transaksi dari daftar transaksi.
  3. Mitra harus mengembalikan dana secara manual (di luar sistem) biaya yang telah dibayat oleh pelanggan.

5. Pick-up Pesanan Oleh Pelanggan

  1. Pelanggan akan mendatangi toko Mitra uituk mengambil pesanan.
  2. Pelanggan akan menunjukan kode pick up pesanan yang telah diterima pelanggan melklui notifikasi email atau dapat diakses melalui menu PHP.
  3. Mitra melakukan verifikasi kode pesanan pada Tablet Usaha Youtap.
  4. Jika pesanan telah terverifikasi sesuai, maka pesanan dapat diberikan kepada pelanggan.

6. Refund Dana

Permohonan refund dana oleh pelanggan dapat terjadi oleh karena beberapa kondisi sebagai berikut:

  1. Pelanggan melakukan pemesanan atau membeli produk Mitra, namun ternyata Mitra sedang tidak beroperasi pada saat pesanan atar pembelian dilakukan. Kondisi ini damat terjadi ketika Mitra tidak mengubah status toko pada pengaturan Pesanan PHP.
  2. Pelanggan hanya dapat melakukan permohonan refund dana saat transaksi sudah sukses dibayarkan.
  3. Pelanggan hanya data melakukan permohonan refund dalam waktu 1x24 jam setelah pesanan sukses dibayarkan. Di luar rentang waktu tersebut, permohonan refund dana akan ditolak oleh Youtap Indonesia.
  4. Pelanggan dapat melakukan permohonan refund dana dengan menelepon call center Youtap Indonesia. Tim Youtap Indonesia akan meminta data pelanggan berupa rekening untuk keperluan refund dana, nama, nomor HP, email pelanggan serta informasi toko terkait.
  5. Setelah permohonan refund dana disampaikan oleh pelanggan kepada Youtap Indonesia dalam kurun waktu 1x24 jam setelah pesanan sukses dibayarkan, Youtap Indonesia akan melakukan konfirmasi kepada Mitra terkait dengan validitas transaksi yang dimintakan refund dana oleh pelanggan. Mitra wajib memberikan konfirmasi selambat-lambatnya 3x24 jam.
  6. Jika Mitra mengkonfirmasi bahwa transaksi tersebut valid, Youtap Indonesia melalui call center akan menginformasikan kepada pelanggan bahwa permohonan refund disetujui.
  7. Refund dana akan dilakukan oleh Mitra dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab Mitra.
  8. Mitra wajib melakukan refund dana kepada pelanggan selambat-lambatnya 1x24 jam setelah transaksi dinyatakan valid.
  9. Mitra dengan ini menyetujui bahwa dengan dilakukannya refund dana kepada pelanggan, Youtap Indonesia tidak dapat mengembalikan potongan dana MDR yang menjadi hak Youtap Indonesia.

PEMBATASAN TANGGUNG JAWAB

Mitra mengerti bahwa setiap produk yang ditawarkan oleh Mitra dalam layanan PHP adalah produk yang dibuat, dimiliki serta diawasi kualitasnya oleh Mitra sendiri. Youtap Indonesia dalam hal ini hanya berperan sebagai pihak penyedia platform bagi pelanggan dan Mitra dalam melakukan transaksi.

Mitra dengan ini dianggap menyetujui bahwa dalam rangka menyediakan pelayanan yang baik kepada pelanggan, khususnya melalui layanan PHP, Mitra wajib:

  1. Menjaga kualitas produk yang ditawarkan sesuai dengan standar mutu yang baik.
  2. Selalu melakukan pengkinian terkait jadwal operasional toko Mitra di layanan PHP, meliputi jam operasional toko maupun status toko sedang buka atau tidak, demi menghindari hal yang tidak diinginkan.
  3. Melakukan refund dana kepada pelanggan sesuai dengan rentang waakte yang ditentukan oleh Youtap Indonesia, yakni 1x24 jam setelah transaksi dinyatakan valid.
  4. Tidak menyalah gunakan data pelanggan untuk keperluan lain selain transaksi layanan PHP.

Mitra dengan ini dianggap menyetujui bahwa Youtap Indonesia dapat melakukan hal yang dianggap pantas menurut Youtap Indonesia sendiri, dalam hal Mitra melakukan hal yang tidak sesuai dengan apa yang telah diatur di dalam Syarat dan Ketentuan PHP Mitra ini, termasuk namun tidak terbatas pada menon-aktifkan akun toko Mitra dari layanan PHP.

INFORMASI LAYANAN

Dalam hal terdapat pertanyaan dan/atau keluhan/pengaduan sehubungan dengan penggunaan Layanan, maka MITRA dapat mengajukan pertanyaan dan/atau keluhan secara tertulis melalui titik pelayanan YOUTAP INDONESIA.

Pembaharuan terakhir: 11/Oktober/2021