October 5, 2022

Tips Jitu Kelola Keuangan Bisnis Online Agar Berjalan Lancar dan Sukses

Apabila proses operasional usaha ingin terus berjalan lancar, pastikan kamu memahami cara mengelola keuangan bisnis online dengan tepat seperti berikut. 

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Umumnya para pelaku bisnis online mengalami kegagalan karena mereka lakukan kesalahan saat mengatur keuangan. Hal itu tentunya bisa berdampak negatif pada kelancaran bisnis karena menghambat proses operasional. Agar terhindar dari kondisi tersebut, simak tips mengelola  keuangan bisnis online berikut yuk. 

Tips Mengelola Keuangan Bisnis Online 

1. Lakukan Budgeting Bisnis Online

keuangan bisnis online
gambar: freepik.com/rawpixel.com

Pertama, kamu harus membuat perencanaan keuangan atau lebih dikenal dengan budgeting bisnis. Pastikan kamu menetapkan target dan perencanaan jangka pendek hingga panjang untuk membantu membatasi pengeluaran dengan target yang telah ditetapkan.

Dalam menyusun budgeting, pastikan kamu melakukannya secara berkala, ya. Catat secara rinci berapa banyak dana yang dibutuhkan hingga pemasukan bisnis online. Ini akan mempermudah kamu untuk menggunakan uang bisnis sebaik mungkin, karena kondisi dan kebutuhan berbeda setiap bulannya.

2. Pisahkan Keuangan Pribadi dengan Bisnis

Kedua, kamu harus memisahkan tabungan pribadi dengan bisnis. Tujuannya tentu untuk membantu kamu membuat pembukuan usaha menjadi lebih jelas dan terstruktur. Selain itu, dengan adanya pemisahan rekening ini juga akan memudahkan kamu mengetahui kondisi keuangan bisnis, apakah stabil atau tidak.

3. Buat Laporan Keuangan

Ketiga, pastikan kamu membuat laporan keuangan bisnis online. Lakukan rekap data keseluruhan informasi keuangan dari pengeluaran hingga pemasukan. Biasanya pelaku bisnis yang masih pemula seringkali kebingungan mengenai jumlah pendapatan dan pengeluaran. 

Namun, dengan memiliki laporan keuangan, kamu dapat memperoleh informasi keuangan usaha secara rinci dan bisa dijadikan acuan penting dalam mengambil keputusan untuk kedepannya.

4. Persiapkan Keuangan Cadangan

Keempat, lakukan persiapan cadangan untuk keuangan bisnis. Pasalnya, saat menjalani bisnis pasti hal-hal diluar prediksi yang mungkin bisa saja terjadi, seperti kerugian atau lainnya. 

Hal itu pun tentu sangat berpengaruh pada keuangan bisnis, sehingga ada baiknya untuk mempersiapkan cadangan lebih dulu. Pastikan kamu memiliki uang cadangan untuk membantu meringankan beban sehingga tetap bisa melanjutkan kembali bisnis online yang diimpikan.

5. Memaksimalkan Penggunaan Teknologi

Terakhir adalah memaksimalkan penggunaan teknologi. Salah satu kendala dalam mengelola keuangan bisnis online adalah kurangnya ketelitian dan konsistensi untuk mengatur cash flow agar tidak berantakan, bukan? Dalam menghadapi hal tersebut, kamu bisa gunakan Youtap POS yang dapat membantu melakukan pencatatan laporan keuangan secara digital sehingga mempermudah pekerjaan.

Selain itu, dengan menggunakan aplikasi satu ini, kamu bisa langsung mendapatkan pencatatan keuangan secara otomatis dari setiap transaksi bisnis yang terjadi. 

Itulah beberapa tips mengelola keuangan bisnis online agar seluruh kegiatan operasional bisa berjalan lancar. Namun selain langkah-langkah di atas, kamu juga harus mengoptimalkan pengelolaannya dengan sistem berbasis digital seperti Youtap POS. 

keuangan bisnis online
AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama